Minggu, 15 Juni 2014

22 Menu Kuliner di Semarang



22 Menu Kuliner di Semarang

Bendeng Juwana
Di Semarang cukup banyak makanan enak dijual disini. Menurut teman yang datang ke Semarang, katanya sih masakan Semarang jauh lebih enak dari masakan Jakarta (red. bukan masakan restoran lho, kalau restoran sih pasti ragamnya banyak yang dijual di Jakarta).  Maka dari itu banyak warga Semarang yang memiliki cita rasa tiinggi. Kalau Anda ke Semarang, ada baiknya mencoba beberapa menu berikut ini




Nasi gudeg                            Lunpia                           Lontong tahu

  1. Super Penyet, lokasi di Jl.Gajahmada dan di Srondol. Makanan yang di jual disini adalah ayam goreng, sup kisi, lele goreng, gurami goreng, empal goreng, ca kangkung, jamgan asem berbagai macam es dan masih banyak yang lain berikut macam-macam sambal yang disediakan tentunya
  2. Lombok Ijo, spesial ayam goreng, jangan asem tentu saja Lombok ijo dan lalapannya. Juga tersedia bergbagai macam es dan menu lainnya (buka 10.00-21.00)
  3. Lunpia Semarang, yang menjual sekarang cukup banyak, sehingga orang yang tidak mengerti Semarang akan salah membeli. Yang paling popular yaitu yang ada di Mataram / MT Haryono dekat toko roti Sanitas. Atau yang berada di Jl. Gajahmada, masih satu famili (buka 10.00-21.00) 
  4. Tahu Pong Karang Saru, yang sekarang pindah alamat ada di ruko Brumbungan yang dekat dengan gereja Pringgading. Makanan yang disajikan tahu pong goreng (tahu dipotong-potong dulu baru kemudian di goreng), tahu emplek (tahu utuh di goreng dulu baru kemudian dipotong, dalamnya basah, tidak kering), lalu ada gimbal (udang yang  digoreng dengan tepung), telur rebus baru digoreng, dan bumbunya menggunakan saos berwarna coklat dengan rasa yang khas.(buka 18.00-21.00)
  5. Tahu Pong Depok, deskripsi sama dengan diatas, namun terletak di jalan Depok, dekat trafik light Gajahmada, buka pada malam hari (buka 18.00-21.00)
  6. Lontong Tahu Blora,ada di jalan Citarum, pinggir jembatan, sebelah RS Pantiwilasa Citarum, semacam tahu gimbal, hanya disini menggunakan bumbu kacang yang lumayan banyak dan di berikan kacang utuh, bukan  giling (ulek), (buka 10.00-21.00)
  7. Nasi ayam mbok Wido, depan ruko Murni yang terletak di jalan Gajahmada. Tepatnya di seberang toko kain Indah Busana (buka 18.00-22.00)
  8. Nasi goreng Babat, lokasi ada di Kranggan/KH Wahid Hasyim di depan toko mas Gajah. Bisa pesan babat gongso (babat yang diberi bumbu) dengan nasi putih yang terpisah. Kalau nasi goreng babat, ya seperti nasi goreng pada umunya, namun manggunakan babat. Namun hati hati yang sudah cukup umur, kurangi jeroan dan gorengan, buka malam hari
  9. Nasi Ayam yu Nah, letaknya di jalan gang Pinggir daerah Pecinan. Jadi kalau nasi ayam tuh sebenarnya ada beberapa yang enak, sesuai selera. Dan hampir semua buka pada malam hari, kecuali yang berada di depan SD Santo Yusuf, Mataram, Bangkong. Kalau yang disini wah porsi besar. Jadi bagi yang cewek, beli separo saja dijamin kenyang, buka malam hari
  10. Gama Seafood, kalau kuliner yang satu ini kelas rumah makan, tapi murah dan enak. Dilihat dari namanya saja seafood, berarti hidangan yang disaijkan disini kebanyakan satwa laut. Namun tentu saja tetap ada sayurnya.(buka 10.00-22.00)
  11. Nasi pecel yu Saji, terletak di jalan Mataram / MT Haryono, dekat jalan Jagalan. Dikhususkan bagi mereka yang menyenagi sayuran dan bumbu kacang, ada tahu bacem, martabak mini yang biasa disebut bantal, ngoiyang, peyek teri, peyek kacang, sate keong (bukan sate kerang) (buka 07.00-12.00)
  12. Soto ayam mbak Lin, terletak di Stadion Diponegoro dan depan RS Telogorejo, soyo  ayam mbak Lin ini memakai santan. Jadi yang pantangan santan, jangan makan soto ini. Namun rasanya enak tenan. Tersedia juga perkedel, tempe, sate ayam (buka 07.00-21.00)
  13. Soto ayam Neon taman Brumbungan, tepatnya terletak di Tm Brumbungan dekat sekolah SMU Loyola. Di sekitar taman juga terdapat penjual makanan lain, seperti  nasi ayam, nasi goreng, ayam goreng, bakmi jowo, nasi gudeg, bakmi pangsit, tahu pong gimbal  (buka 17.00-22.00)
  14. Soto ayam pak Darno di jalan Thamrin (dekat Paragon Mall/Hotel Crowne) (buka 09.00-21.00)
  15. Nasi gandul khas Pati. Lokasi ada di depan RS Telogorejo. Kalau kuliner yang ini seperti gule, jadi bersantan, dengan lauk daging sapi, paru, perkedel, tempe dan lain-lain (buka 18.00-22.00)
  16. Gudeg Nglaras Roso, gudeg ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Ada 2 tempat yang dapat ditemukan di Semarang, yaitu di jalan MT Haryono ,depan sekolah SMU Sedes Sapientiae dan di jalan Thamrin. Gudegnya cenderung kearah manis. Selain gudeg, ada banyak pilihan masakan Indonesia yang lain, tinggal pilih, bayar di kasir, makan , pulang (buka 09.00-21.00)
  17. Gudeg Mataram, lokasi ada di depan sekolah Mataram persis. Setelah jalan Pringgading disebelah kiri jalan, hanya buka pada malam hari. Jadi jangan kesana di siang hari ya…
  18. Semawis, letaknya di Pecinan, di sepanjang jalan gang Warung , hanya ada pada malam hari pada hari Jumat, Sabtu, Minggu. Disini seperti food court, jadi segala macam masakan ada, dari masakan Indonesia sampai masakan Chinesse food) (buka 18.00-22.00)
  19. Linds café, bagi anda penggemar es krim, tidak ada salahnya mencoba yang satu ini.Lokasi ada di jalan Brotojoyo dan jalan Papandayan (candi) (buka 18.00-22.00)
  20. Wedang ronde, kacang tanah , tahu petis Mataram, tepatnya di jalan mataram dekat pasar Langgar. Setelah sekolah SD Karangturi  (buka 18.00-22.00)
  21. Bandeng Juana, berada pada jalan Pandanaran, pusat oleh-oleh Semarang (buka 09.00-21.00)
  22. Kue Mochi Gemini, lokasi ada di jalan Kentangan Barat 100. Kue ini dibuat dari tepung ketan yang didalamnya ada gilingan kacang. Dan sisi luarnya ada 2 jenis , mau yang di taburi wijen atau polos. Sesuai selera.(buka 07.00-21.00)
3.     
Nasi pecel                   Nasi ayam                  Tahu pong




      Mungkin ada teman-teman yang mau menambahkan tempat kuliner yang lain. Lokasi ini letaknya di Semarang Tengah saja. Mengingat lokasi tempat tinggal saya ada di sekitar itu. Jadi mungkin ada yang enak lagi di Semarang Barat, Semarang Selatan atau yang lain, yang mungkin dapat menambahkannya. Sehingga kuliner Semarang makin menggoda

1 komentar:

  1. youtube.com
    youtube.com/news/2018/10/18 - youtube to mp4 youtube.com - YouTube youtube to mp3 Live. 바카라 사이트 youtube.com - YouTube Live youtube.com - YouTube Live. | https://www.youtube.com.

    BalasHapus